Selasa, 08 September 2009

Perhatikan Masa Kadaluwarsa Peralatan Kosmetik





Kosmetik menjadi bagian tak terpisahkan yang penting dalam kehidupan wanita. Penggunaan kosmetik yang cocok dapat membantu menutupi kekurangan wajah dan menonjolkan kelebihan dari wajah, sehingga pemakainya kelihatan lebih cantik. Namun seperti produk-produk lain, peralatan kosmetik juga memiliki batas waktu pemakaian. Zat yang digunakan sebagai pengawet pada kosmetik setelah jangka waktu tertentu akan habis atau tidak memberikan manfaat lagi, bahkan bisa merusak.



Hilangnya fungsi pengawet, menyebabkan banyak kuman yang berkembang biak dan merusak kosmetik sehingga memberikan efek negatif bila terus dipakai.



Berikut adalah patokan umum masa pakai produk-produk kosmetik berdasarkan jenisnya:



Jenis Kosmetik Masa Kedaluwarsa

Lipstik atau Lip Gloss : 2 - 3 tahun

Alas bedak : 1 - 2 tahun

Bedak : 1 - 2 tahun

Blush On : 4 - 6 bulan

Maskara : 3 - 6 bulan

Eye Shadow : 3 - 6 bulan




Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan perbedaan masa pakai produk kosmetik:



1. Bahan pembuat kosmetik


Kosmetik berbentuk cream (misalnya blush on) lebih cepat sampai masa kadaluwarsa dibandingkan bentuk bubuk padat.



2. Cara pemakaian atau penggunaan kosmetik


Pemakaian kosmetik dengan menggunakan kuas lebih tahan lama dibandingkan bila langsung digunakan ke wajah atau bila menggunakan jari. Hal ini disebabkan adanya kontak langsung dari anggota tubuh yang dapat menyebarkan kuman pada kosmetik.



3. Penyimpanan kosmetik

Peralatan kosmetik yang disimpan dalam tempat yang sejuk dan tertutup rapat dapat mengurangi jumlah kuman yang masuk sehingga umur kosmetik dapat lebih lama.



Jangan lupa membuang kosmetik yang sudah berubah warna, pecah-pecah membentuk butiran, atau bila berbau. (ys – republika.co.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar