Rabu, 09 September 2009

Keterampilan Berpikir Anak


Keterampilan berpikir anak akan menentukan bagaimana mereka menghadapi masa depan. Oleh karena itu kemampuan ini sebaiknya ditanamkan sejak dini, agar mereka lebih terbiasa menghadapi berbagai tantangan yang pasti akan datang kepadanya.



Anda bisa mendorong anak untuk terampil berpikir dengan banyak cara, di antaranya dengan menanggapi respons anak terhadap lingkungan sekitar. Berikut ini beberapa cara sederhana untuk menolong meningkatkan keterampilan berpikir anak di rumah:



1. Bermain bersama anak. Permainan kata dan permainan yang mengandung unsur strategi akan membantu anak melihat masalah dengan cara yang berbeda.



2. Menulis. Misalnya menulis buku harian atau surat kepada kerabat. Hasil sempurna dari membaca adalah kemampuan menulis. "Orang yang mampu menulis dengan baik memiliki kemampuan berpikir yang unggul," kata Sava, seorang pakar pendidikan.



3. Jawablah semua pertanyaan sederhananya. Misalnya, mengapa langit itu biru? Mengapa hujan datang dari atas? Anak-anak yang banyak bertanya adalah pemikir-pemikir kreatif.



4. Bantulah anak Anda melihat hubungan di sekitarnya. Misalnya bentuk harimau yang mirip dengan kucing. Dengan demikian anak dapat berpikir lentur, yakni dapat menemukan pemecahan lain ketika solusi pertamanya atas sebuah masalah gagal menjawab persoalan.



5. Menonton televisi bersama. Berbicaralah tentang karakter, jalan cerita, dan moral cerita yang ditonton. Anda juga mengajar anak-anak tentang manajemen keuangan dan cara belanja dengan melihat berbagai iklan produk di televisi.



6. Bukalah isi dunia kepada anak Anda. Museum, taman bermain, tempat-tempat bersejarah, maupun kota-kota yang belum pernah dikunjungi dapat membangkitkan rasa ingin tahu anak dan memacu cara berpikir.



7. Kembangkan kegiatan membaca. Anda bisa membacakan buku cerita atau dorong anak-anak membaca sendiri. Kebiasaan membaca akan membuat anak menyukai buku-buku bacaan yang merupakan sumber ilmu pengetahuan.

Sumber : Pasarinfo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar