Selasa, 08 September 2009

Bengkel Audio Video Mobil


Kebutuhan Atau Sekedar Gaya?
Macetnya kondisi jalan Ibukota Jakarta, memang memaksa para pengguna jalan melakukan berbagai manuver untuk menghindari stress di jalan, dengan tetap update untuk mengetahui segala informasi juga tentunya. Rasanya, penggunaan audio video pada mobil merupakan pilihan tepat. Anda dapat mengisi waktu dengan bersantai di tengah-tengah kemacetan lalu lintas sambil mendengarkan musik kesayangan Anda, atau bahkan menonton film favorit Anda di dalam mobil.
Hal ini senada dengan ungkapan salah seorang pengendara Honda CRV, Kurniawan. Menurutnya, selain mendapat hiburan saat macet menghadang, dia juga bisa memantau kejadian yang terjadi di seluruh belahan dunia melalui monitor 12 inchi yang terpasang di dashboard mobilnya. “Kalau tidak ada hiburan seperti ini, stress juga sih menghadapi jalan yang macet di pagi serta sore hari,” ujarnya.
Audio mobil tidak lagi sekadar memasang tape mobil untuk memutar kaset favorit Anda. Itu kuno. Sekarang ini, berbicara audio mobil telah mencakup dengan CD high quality, atau MP3 player yang berisi tembang-tembang dan suara vokalis yang nyaris sama dengan suara asli penyanyi.
Bahkan kini konsep car entertainment menghadirkan bioskop mini di dalam kabin kendaraan Anda. Bukan lagi sekedar musik yang bisa didengarkan dengan kualitas oke, tapi juga telah terpasang monitor yang disertai dvd player untuk menonton film kesayangan Anda.
Sejauh ini, dalam perkembangannya, audio mobil sudah menjadi arena penumpahan ide-ide yang lebih liar. Kini banyak piranti audio video mobil dengan harga beragam. Semua ini bisa dipakai sebagai faktor “show”, atau dalam bahasa anak zaman sekarang “nampang”. Posisi power amplifier, speaker belakang, subwoofer, sampai tweeter di dashboard tidak lagi statis. Aplikasi bahan fiberglass, karbon kevlar, sampai gips bisa bikin aksentuasi kosmetik yang eksotik.
Masih merasa kurang puas dengan kualitas audio video mobil Anda? Gampang, Anda hanya butuh menambah semua dengan piranti yang bisa membangun konsep sistem high end di mobil Anda. Konsekuensinya, Anda harus merogoh kocek lebih dalam lagi. Karena kabarnya untuk membangun konsep high end tersebut membutuhkan dana yang besar. Kalau tidak, rasanya Anda harus berlapang dada dalam menikmati suasana di kendaraan Anda.
Hal ini diamini Sandy, salah satu pemilik bengkel audio video mobil di kawasan Radio Dalam. Menurutnya kalau mau mendapatkan hasil maksimal pasti ada konsekuensinya. “Pengguna mobil ini masih punya banyak pilihan untuk masalah harga. Kalau mau lebih hemat pemilik mobil bisa gunakan piranti-piranti yang masuk dalam paket, untuk paket produk korea dimulai dengan harga Rp 7 juta, sedangkan untuk produk keluaran Kenwood, Pioneer, serta merek terkenal lainya bisa mencapai Rp 12,5 juta keatas,” jelasnya.
Masih menurut Sandy, bagus tidaknya kualitas audio video itu relatif. Sebagai pemilik bengkel dia pun hanya bisa mengarahkan pelanggannya. “Telinga manusia itu berbeda, saya bilang bagus belum tentu pelanggan setuju. Makanya paling saya hanya bisa mengarahkan saja kalau keinginan pelanggan seperti ini harus seperti ini,” ujarnya.
Audio Video Untuk gaya

Ada beraneka ragam alasan untuk pemasangan audio video mobil ini, ada yang beranggapan hanya sekedar gaya dan ada juga yang beranggapan semua itu merupakan kebutuhan. Tapi menurut Sandy, saat ini audio video sudah menjadi kebutuhan. Kalau dulu mungkin untuk gaya-gayaan saja. Tapi saat ini semua berbalik, alasannya kondisi jalan-jalan di beberapa kota di Indonesia yang padat merayap pada saat-saat tertentu.

Maka jangan heran jika yang banyak mengutak-atik piranti audio video mobil ini kebanyakan datang dari kalangan anak muda. Anak muda pastinya ingin tampil beda dengan tampilan mobilnya, bahkan bukan hanya audio video saja di pasang di mobil mereka. Piranti games pun juga dipasang di mobil mereka. Tetapi bukan berarti semua pecinta piranti audio video ini berasal dari kalangan anak muda saja. Ya, kalangan pria usia mapan pun banyak yang berlomba-lomba memasang audio video pada mobil mereka. Namun, sekali lagi, semua berbalik kepada Anda. Apakah Anda berpendapat audio video mobil itu gaya atau kebutuhan? (ahm, foto: istimewa)


Tip Pemasangan Audio Video di Mobil Anda

1. Mulailah menganalisa apa yang Anda inginkan ada di dalam mobil.
2. Analisa juga karakter komponen dari sebuah piranti audio video.
3. Manfaatkanlah setiap ruang di dalam mobil secara maksimal.
4. Gunakan selang sebagai balutan kabel penghubung antara piranti.
5. Belilah piranti bergaransi untuk hal-hal yang tidak di inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar